Home

Tuesday, October 18, 2011

DESAIN PERMODELAN GRAFIK

Design Pemodelan Grafis

Desain pemodelan grafik merupakan suatu kegiatan pengolahan gambar itu berupa pemotongan gambar, rotasi, dilatasi, translasi dan lain-lain. Adapun pemodelan grafik itu proses terbentuknya gambar 3D yang dimulai dari grafik primitif yaitu titik, garis, kemudian menjadi gambar 2D, dan bila gambar 2D itu saling dipadukan maka akan terbentuklah suatu gambar 3D.


Prinsip dan Unsur Design Grafis

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Pembuatan Design Grafis

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang dan kebudayaan makin lama makin terkikis dengan berkembangnya berbagai macam teknologi. Namun dengan munclunya ide-ide bahwa kebudayaan harus tetap eksis ditengah maraknya perkembangan teknologi. Salah satu ide tersebut ada pada pembuatan kartun “Upin dan Ipin” dimana pada kartun tersebut menggabungkan teknologi komputerisasi dengan menciptakan tokoh-tokoh kartun yang berkebudayaan Malaysia.

Design Pemodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer sangat dibutuhkan dalam design pemodelan grafis, hal ini dikarenakan manusia yang menjalankan komputer karena tidak mungkin komputer dapat mengoperasikan sendiri, maka dibutuhkanlah tenaga manusia untuk menjalankan komputer tersebut dan pada komputer tersebut  terdapat aplikasi yang memungkinkan untuk pembuatan design grafis yang diinginkan manusia. Sehingga akan menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Pengertian Desain Komunikasi Visual

Seni berkomunikasi (Arts of Commmunication) dengan menggunakan bahasa rupa (Visual Text) untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media (desain) yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan.
Bahasa Rupa tsb, dominan berwujud image grafis, tanda / simbol atau unsur grafis lainya; yang tersusun berdasarkan kaidah / prinsip berbahasa yang khas / tersendiri. Isi pesan diungkapkan secara kreatif dan komunikatif  serta  mengandung solusi (alternatif) untuk permasalahan yang hendak disampaikan (sosial maupun komersial).
terjadinya pergeseran pengertian dan pemaknaan Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual, karena berkembangnya keilmuan itu sendiri :
Graphic Design on Surface” (Printed/Production Matter)
mengandung unsur-unsur dan karakter 2 Dimensi (utamanya) dan 3 Dimensi sebagai hasil produksi grafika (cetak)
(Multimedia Production/New Media); mengandung unsur-unsur dan karakter 2 Dimensi, 3 Dimensi, Still & Motion Graphic serta mengandung unsur waktu (Timed Base Media) dan suara (Audio, Narrative &  Back Sound ).



Sejarah Desain Komunikasi Visual

1967
Pada tahun 1967, Jurusan Seni Rupa FTSP ITB membuka Studio Grafis. Pada saat itu, kurikulum desain dengan seni masih bersatu. Kemudian pada tahun 1969-1971 A.D. Pirous belajar di Universitas Rochester Amerika Serikat untuk menjajagi kemungkinan dibukanya program studi Desain Grafis di ITB.
1973
Pada tahun 1973, Jurusan Seni Rupa FTSP ITB dimekarkan dengan menambah program Studi Desain Tekstil dan memecah Studio Grafis menjadi Program Studi Desain Grafis dan Seni Grafis. Tahun 1973, Program studio Desain Grafis melepaskan lulusan pertamanya, yaitu empat mahasiswa studio grafis yang membuat tugas akhir berupa proyek desain grafis. Para lulusan pertama dari studio ini adalah Indra Abidin, Markoes Djayadisastra, Tedy Syam dan Priyanto S.
Pada tahun itu pula Bapak A.D. Pirous sebagai ketua program studi desain grafis memulai mendidik angkatan pertamanya. Dibantu oleh. T. Sutanto, Priyanto S, dan Suyadi sebagai pengajar.
1977
Pada tahun 1977,Gert Dumbar seorang desainer belanda memperkenalkan istilah semiotika dan komunikasi visual. Mengapa komunikasi visual? Karena menurutnya desain grafis tidak hanya menangani desain untuk percetakan tetapi juga moving image, display dan pameran. Akhirnya di tahun 1979, mulai dipakai istilah desain komunikasi visual menggantikan istilah desain grafis. Tetapi baru pada tahun 1980-an orang mulai terbiasa memakai istilah itu. Bahkan institusi lain seperti ISI sekarang memakai istilah tersebut.
Kurikulum berkembang terus tanpa mengubah visi dan misinya. Desain Komunikasi Visual ITB berusaha menghasilkan konseptor komunikasi visual, karena itu kurikulum lebih ditekankan pada wawasan konseptual dari karya. Untuk mendukung hasil yang maksimal, pengetahuan teknis juga diperkenalkan pada para siswa untuk mengikuti perkembangan teknologi. Yang terus dilatih adalah daya adaptasi lapangan. Saat ini sedang dirintis pengembangan mata kuliah Audio Visual untuk berdiri sendiri menjadi Program Studi Audio Visual. Juga sedang dipikirkan kemungkinan untuk menajamkan Program Studi menjadi Studi Periklanan, Desain Grafis, Ilustrasi, Fotografi secara khusus.
1984 resmi berdiri menjadi Studio Desain Grafis.
1994 menjadi Studio Desain Komunikasi Visual.
1997 menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual
dibawah departemen Desain FSRD ITB
2006 menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual,
setingkat Jurusan, langsung dibawah Fakultas Seni Rupa dan Desain.




Elemen-Elemen Disain Komunikasi Visual

Christine Suharto Cenadi (1999:5) menyebutkan bahwa elemen-elemen desain komunikasi visual diantaranya adalah tipografi, ilustrasi, dan simbolisme. Elemen-elemen ini dapat berkembangan seiring dengan perkembangan teknologi dan penggunaan media.

a. Tata Letak Perwajahan (Layout)
Pengertian layout menurut Graphic Art Encyclopedia (1992:296) “Layout is arrangement of a book, magazine, or other publication so that and illustration follow a desired format”. Layout adalah merupakan pengaturan yang dilakukan pada buku, majalah, atau bentuk publikasi lainnya, sehingga teks dan ilustrasi sesuai dengan bentuk yang diharapkan.
Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa: “Layout includes directions for marginal data, pagination, marginal allowances, center headings and side head, placement of illustration.” Layout juga meliputi semua bentuk penempatan dan pengaturan untuk catatan tepi, pemberian gambar, penempatan garis tepi, penempatan ukuran dan bentuk ilustrasi. Menurut Smith (1985) dalam Sutopo (2002:174) mengatakan bahwa proses mengatur hal atau pembuatan layout adalah merangkaikan unsur tertentu menjadi susunan yang baik, sehingga mencapai tujuan.

b. Tipografi
Menurut Frank Jefkins (1997:248) tipografi merupakan:
“Seni memilih huruf, dari ratusan jumlah rancangan atau desain jenis huruf yang tersedia, menggabungkannya dengan jenis huruf yang berbeda, menggabungkan sejumlah kata yang sesuai dengan ruang yang tersedia, dan menandai naskah untuk proses typesetting, menggunakan ketebalan dan ukuran huruf yang berbeda. Tipografi yang baik mengarah pada keterbacaan dan kemenarikan, dan desain huruf tertentu dapat menciptakan gaya (style) dan karakter atau menjadi karakteristik subjek yang diiklankan.”

Wirya (1999:32) mengatakan bahwa beberapat tipe huruf mengesankan nuansa-nuansa tertentu, seperti kesan berat, ringan, kuat, lembut, jelita, dan sifat-sifat atau nuansa yang lain.

c. Ilustrasi
Ilustrasi dalam karya desain komunikasi visual dibagi menjadi dua, yaitu ilustrasi yang dihasilkan dengan tangan atau gambar dan ilustrasi yang dihasilkan oleh kamera atau fotografi. Menurut Wirya (1999:32) ilustrasi dapat mengungkapkan sesuatu secara lebih cepat dan lebih efektif daripada tekas.
Fungsi ilustrasi menurut Pudjiastuti (1997:70) adalah:
“Ilustrasi digunakan untuk membantu mengkomunikasikan pesan dengan tepat dan cepat serta mempertegas sebagai terjemahan dari sebuah judul, sehingga bisa membentuk suatu suasana penuh emosi, dari gagasan seakan-akan nyata. Ilustrasi sebagai gambaran pesan yang tak terbaca dan bisa mengurai cerita berupa gambar dan tulisan dalam bentuk grafis informasi yang memikat. Dengan ilustrasi, maka pesan menjadi lebih berkesan, karena pembaca akan lebih mudah mengingat gambar daripada kata-kata.

d. Simbolisme
Simbolisme sangat efektif digunakan sebagai sarana informasi untuk menjembatani perbedaan bahasa yang digunakan karena sifatnya yang universal dibanding kata-kata atau bahasa. Bentuk yang lebihh kompleks dari simbol adalah logo. Logo merupakan identifikasi dari sebuah perusahaan karena logo harus mampu mencerminkan citra, tujuan, jenis, serta objektivitasnya agar berbeda dari yang lainnya. Farbey (1997:91) mengatakan bahwa banyak iklan memiliki elemen-elemen grafis yang tidak hanya terdapat ilustrasi, tetapi juga terdapat muatan grafis yang penting seperti logo perusahaan atau logo merek, simbol perusahaan, atau ilustrasi produk.

e. Warna
Warna merupakan elemen penting yang dapat mempengaruhi sebuah desain. Pemilihan warna dan pengolahan atau penggabungan satu dengan lainnya akan dapat memberikan suatu kesan atau image yang khas dan memiliki karakter yang unik, karena setiap warna memiliki sifat yang berbeda-beda. Danger (1992:51) menyatakan bahwa warna adalah salah satu dari dua unsur yang menghasilkan daya tarik visual, dan kenyataannya warna lebih berdaya tarik pada emosi daripada akal.

f. Animasi
Penggunaan unsur-unsur gerak atau disebut animasi khususnya dalam multimedia akan menimbulkan kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Istanto (2001:61) mengatakan bahwa konsep dari animasi menggambarkan gerak sehingga dapat mendukung tampilan secara lebih dinamis.
Berdasarkan teknis pembuatannya, animasi dibagi menjadi dua, yaitu:
• Animasi dua dimensi (2D), adalah animasi yang berkesan datar (flat), baik itu karakter maupun warnanya.
• Animasi tiga dimensi (3D), adalah karakter yang dibuat dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dan adanya kesan mendalam atau berdimensi ruang.
Penggunaan animasi dalam sebuah desain multimedia dapat menjadikan tampilan menjadi lebih menarik dan dinamis. Pemilihan jenis animasi yang digunakan bergantung pada kebutuhannya sehingga desaian yang dihasilkan dapat lebih efektif dan efisien.

g. Suara
Suara merupakan elemen pendukung yang digunakan untuk lebih menghidupkan suasana interaksi. Dalam multimedia interaktif, suara dibedakan menjadi dua, yaitu suara utama dan suara pendukung. Suara utama adalah suara yang mengiringi pengguna selama interaksi berlangsung, sedang suara pendukung merupakan suara yang terdapat pada tombol-tombol navigasi.


Kelompok:
1. Abraham Yosua Aitonam (50408010)
2. Muhamad Ilham Aulia (50408560)

Wednesday, October 12, 2011

PROPOSAL PENAWARAN TELKOMSEL

Latar Belakang

Telkomsel merupakan operator seluler pertama di indonesia yang menyediakan banyak layanan untuk para pelanggan setianya dengan layanan pascabayar kartuHALO yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995. Saat itu, saham Telkomsel dimiliki oleh Telkom Indonesia sebesar 65% dan sisanya oleh Indosat. Pada tanggal 1 November 1997, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan GSM prabayar.

Telkomsel mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 81,644 juta pelanggan per 31 Desember 2007 dan pangsa pasar sebesar 51% per 1 Januari 2007.[rujukan?] Jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di 155 negara pada akhir tahun 2007.

Telkomsel telah menjadi operator seluler ketujuh di dunia yang mempunyai lebih dari 100 juta pelanggan dalam satu negara per Mei 2011.[1]

Telkomsel memiliki tiga produk GSM, yaitu SimPATI (prabayar), Kartu AS (prabayar), dan kartuHALO (pascabayar). Selain itu, Telkomsel juga memiliki layanan internet nirkabel lewat jaringan telepon seluler, yaitu Telkomsel Flash.

Kenapa Pakai Telkomsel
hal ini sudah jelas sinyal kuat ya telkomsel,telkomsel sudah menunjukkan kelebihanya dalam berbagai hal terutama dalam pelayanan,alasan inilah yang membuat saya tidak pindah ke operator lain.

Kelebihan Dari produk Telkomsel :
-Menurut pengalaman saya selama 8 tahun menggunakan produk telkomsel saya merasa yakin bahwa telkomsel merupakan operator telepon seluler yang sangat handal terutama dalam jangkauan sinyalnya yang sangat kuat.apalagi sekarang telkomsel sudah menjangkau di daerah-daerah terpencil.
-layanan internet dari telkomsel sangat cepat dan murah sehingga saya dapat menggunakan layanan tersebut dimana saja dan kapan saja.
-layanan operator 24 jam yang ditawarkan oleh telkomsel memang sangat efektif sehingga saya dapat menghubungi operator telkomsel ketika saya dalam mengalami masalah dalam jaringan sinyalnya.


Produk Telkomsel yang saya gunakan yaitu Kartu Simpati

Perdana simPATI

Profil simPATI
simPATI merupakan Kartu Prabayar (prepaid) yang dikeluarkan oleh Telkomsel. simPATI dapat digunakan di seluruh Indonesia dengan tarif terjangkau, telepon hemat ke sesama pelanggan Telkomsel maupun operator lain dan SMS hemat untuk mengirim pesan di dalam mauapun ke luar negeri.

Cara mengaktifkan Kartu Perdana simPATI
Untuk aktivasi simPATI Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu, dengan tahapan sebagai berikut:
  • Masukan kartu ke dalam ponsel
  • Aktifkan ponsel, akan muncul registrasi
  • Ikuti petunjuk registrasi
Registrasi dapat dilakukan dengan berbagai cara:
  • TSEL Menu 4 Registrasi kartu 4 Daftar
  • SMS : ketik DAFTAR kirim SMS ke 4444
  • e-mail: kirimkan e-mail ke cs@telkomsel.co.id dengan subyek registrasi prabayar
  • Customer Service: hubungi 116 dari ponsel Anda


Fitur & Layanan
MMS & GPRS

Anda dapat mengirim atau menerima pesan dalam bentuk teks, gambar, klip suara ataupun kombinasi. Pastikan Anda sudah mengaktifkan layanan ini atau ketik GPRS, SMS ke 6616.

Roaming Internasional
Layanan langsung aktif di lebih dari 190 negara, tetap bisa berkomunikasi saat berada di luar negeri

Transfer Pulsa
Anda dapat mengirimkan pulsa ke nomor simPATI lainnya, sesuai kebutuhan dengan cara hubungi *858# dan ikuti petunjuknya.

Video Call
Komunikasi semudah dan semurah voice call

TARIF SIMPATI :
 
Wilayah Sumatera,Kalimantan,Sulawesi.
      Waktu                                                  Tarif
00.00-05.59 Rp.200/12 detik untuk 48 detik  pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 3600 detik. Skema berulang.
06.00-11.59 Rp.200/12 detik untuk 48 detik pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 3600 detik. Skema berulang.
12.00-17.59 Rp.180/12 detik untuk 108 detik pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 3600 detik. Skema berulang.
18.00-23.59 Rp.180/12 detik untuk 156 detik pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 1800 detik. Skema berulang.

Wilayah Jabotabek,Jawa barat, Jawa tengah, Jawa timur, Bali, NTB, NTT.
Waktu                                                  Tarif
00.00-05.59 Rp.200/12 detik untuk 48 detik  pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 3600 detik. Skema berulang.
06.00-11.59 Rp.200/12 detik untuk 48 detik pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 3600 detik. Skema berulang.
12.00-17.59 Rp.180/12 detik untuk 108 detik pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 3600 detik. Skema berulang.
18.00-23.59 Rp.180/12 detik untuk 156 detik pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 3600 detik. Skema berulang.


Wilayah Maluku & Irian Jaya.
    Wakt                                                   Tarif
00.00-05.59 Rp.200/12 detik untuk 60 detik  pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 3600 detik. Skema berulang.
06.00-11.59 Rp.200/12 detik untuk 60 detik pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 3600 detik. Skema berulang.
12.00-17.59 Rp.180/12 detik untuk 108 detik pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 3600 detik. Skema berulang.
18.00-23.59 Rp.180/12 detik untuk 156 detik pertama selanjutnya Rp.6/12 detik sampai dengan 1800 detik. Skema berulang. 


Tarif Panggilan ke PSTN
       WAKTU                                             TARIF
Lokal Rp 150/10 detik untuk 120 detik pertama selanjutnya Rp 5/10 detik s.d. 300 detik. Skema berulang
Non Lokal Rp 350/12 detik untuk 48 detik pertama selanjutnya Rp 6/12 detik s.d. 300 detik. Skema berulang


Tarif Panggilan ke Operator Lain

     WAKTU                                                 TARIF
Lokal/Non Lokal Rp 900 / 30 detik untuk 120 detik pertama selanjutnya Rp 15 / 30 detik sampai dengan 300 detik. Skema berulang
 
Tarif SMS


           TUJUA TARIF untuk pelanggan aktif sebelum 12 Maret 2010 TARIF untuk pelanggan aktif mulai 12 Maret 2010
Ke Sesama Telkomsel Rp 140 per SMS Rp 150 per SMS
Ke Operator lain Rp 150 per SMS Rp 150 per SM

PROMO SIMPATI:

Promo simPATI

simPATI InternetMania & MusikMania


Nikmati Serunya Inovasi download full track lagu dan video dengan koneksi berkualitas simPATI

simPATI InternetMania

Gunakan InternetMania untuk internetan puas berkualitas! Bisa browsing, chatting, video streaming, social networking, e-mail, upload & download di ponsel Anda seharian sepuasnya.


Tarif Jenis Paket Kecepatan Batas Pemakaian Wajar Waktu Pendaftaran & Pemakaian
Rp 5.000 Unlimited Internetan maks. 384 kbps 30 MB 00.00-23.59


Cara aktivasi:
  • Melalui *999# (langsung dari ponsel). Ketik *999# dan OK/Call dari ponsel Anda, pilih InternetM@nia, kemudian pilih Paket Internetan, lalu pilih Unlimited harian.
  • Melalui SMS ke 3636: 
             Pembelian satu kali, tidak otomatis diperpanjang 
            Ketik SMS dgn format : IM<spasi>ON


Cek Status Pemakaian

Melalui SMS dengan format : UL INFO dan kirim SMS ke 3636 (bebas biaya)

simPATI
Music Mania

Nikmati Music Mania dan download puluhan ribu lagu original sepuasnya di HP Cuma Rp 1.000/minggu. 



Tarif Jenis Paket Batas Pemakaian Wajar Download Lagu Waktu Pendaftaran Waktu Pemakaian
Rp 1.000 / 7 hari
(belum termasuk PPN, bebas biaya GPRS)
Unlimited Download Lagu 10 lagu/hari 00.00-23.59 7 x 24 jam
(terhitung setelah paket diaktifkan)


Cara aktivasi:
  • Pastikan GPRS/3G Anda aktif (untuk mengaktifkan GPRS/3G ketik INTERNET kirim SMS ke 5432)
  • Hubungi *999# (langsung dari ponsel). Ketik *999# dan OK/Call dari ponsel Anda, Pilih Menu Music Mania, kemudian pilih salah satu lagu yang ingin di download.
  • Setelah memilih salah satu lagu, maka paket Music Mania akan otomatis aktif. Untuk download lagu selanjutnya tidak akan dikenakan biaya apapun. Berlaku batas pemakaian wajar per hari.
*tarif Music Mania daiatas berlaku hingga 16 Oktober 2011

Tanggung Jawab Sosial TELKOMSEL

Telkomsel adalah operator telekomunikasi seluler GSM pertama di Indonesia dengan layanan pascabayar kartuHALO yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995. Saat itu, saham Telkomsel dimiliki oleh Telkom Indonesia sebesar 65% dan sisanya oleh Indosat. Pada tanggal 1 November 1997, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan GSM prabayar.

Telkomsel mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 81,644 juta pelanggan per 31 Desember 2007 dan pangsa pasar sebesar 51% per 1 Januari 2007.[rujukan?] Jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di 155 negara pada akhir tahun 2007.

Telkomsel telah menjadi operator seluler ketujuh di dunia yang mempunyai lebih dari 100 juta pelanggan dalam satu negara per Mei 2011.

Telkomsel memiliki tiga produk GSM, yaitu SimPATI (prabayar), Kartu AS (prabayar), dan kartuHALO (pascabayar). Selain itu, Telkomsel juga memiliki layanan internet nirkabel lewat jaringan telepon seluler, yaitu Telkomsel Flash.

Telkomsel bekerja pada jaringan 900/1.800 MHz.

Telkomsel Sampai sekarang sudah menemani para pelanggan setia nya dengan menyediakan banyak sekali layanan yang sangat inovatif antara lain :
Memberikan  Promo :

PERENCANAAN DAN PEREKRUTAN PT ARCA INTERNATIONAL

Arca International adalah perusahaan Teknologi Informasi yang berbasis di Jakarta. Kami mendefinisikan, desain, dan memberikan solusi teknologi bisnis yang memungkinkan membantu perusahaan menang dalam industri yang kompetitif. Kami juga menyediakan layanan lengkap dengan memanfaatkan domain kita dan keahlian bisnis dan aliansi strategis dengan penyedia teknologi terkemuka.
Salah satu software kami memenangkan Penghargaan TIK 2010 yang diselenggarakan oleh Depkominfo dan iMULAI 3.0 diselenggarakan oleh Microsoft dan USAID.


Tanggung Jawab:

     * Mengembangkan proyek web dalam tim
     * Meningkatkan sistem perangkat lunak yang ada
     * Menganalisis kebutuhan pengguna dan menerjemahkannya ke dalam arsitektur perangkat lunak yang solid

Persyaratan:

     * Yah berpengalaman dalam arsitektur berorientasi Obyek
     * Minimum 2 tahun pengalaman mengembangkan di PHP
     * Pengalaman yang luas dengan MySQL
     * Teliti pengetahuan di Javascript dan XHTML
     * Harus dapat bekerja di bawah tekanan dan memberikan pada jadwal yang ketat dengan pengawasan Minimal :
     * Pemain tim Besar
     * Maksimum usia 27 tahun
     * Pengalaman di CodeIgniter